Tuesday, June 19, 2012

Dua kontainer ukuran 40 feet diamankan Bea Cukai Kanwil Jatim I

Dua Kontainer Isi Cangkang Kerang Laut Diamankan Bea Cukai

Imam Wahyudiyanta - detikSurabaya




Surabaya - Dua kontainer ukuran 40 feet diamankan Bea Cukai Kanwil Jatim I. Dua kontainer tersebut diamankan di Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS) karena memuat cangkang kerang laut (sea shell), sebuah barang yang memang dilarang untuk diperdagangkan.

"Isinya adalah cangkang kerang laut, suatu jenis barang yang terkena ketentuan larangan dan atau pembatasan ekspor," kata Eko Darmanto kepada wartawan di TPS, Selasa (19/6/2012).

Kepala Bidang Penyidikan dan Penindakan (P2) Bea Cukai Kanwil Jatim I itu menjelaskan, di dalam dua kontainer tersebut ditemukan setidaknya 5 jenis cangkang kerang laut yang hendak dikirim ke Cina.

5 Jenis dan jumlah cangkang kerang laut itu adalah 20.515 buah kerang kepala kambing (cassis cornuta), 485 buah nautillus berongga (nautilus pompilus), 204 buah triton terompet (cheronia tritonis), 2.849 kg cymbiola nobilis dan 768 buah syrinx aruanus.

"Di Cina atau di negara luar lain, kerang ini biasanya dijadikan hiasan. Sebelum dijadikan hiasan, cangkang kerang itu diolah sedemikian rupa hingga terlihat indah dan mengkilat," tambah Eko.

Eko tidak secara jelas menyebut berapa kerugian jika cangkang kerang itu terbang ke luar negeri. Eko menyilahkan sendiri menghitung kerugian dengan asumsi satu cangkang dihargai USD 40 - 80 per buah.

"Kalikan sendiri saja, yang pasti milyaran rupiah," lanjut Eko.

Eko menerangkan, cangkang kerang laut itu diekspor oleh CV Sindong Karsa Manunggal. Eko mengaku tak tahu darimana CV tersebut mendapatkan cangkang kerang tersebut.

Tetapi Eko menduga cangkang kerang itu diperoleh dari nelayan di kawasan seperti Aru, Tarakan, pesisir Sumatera, Situbondo dan Banyuwangi.

"Yang pasti mereka beli dari nelayan," terang Eko.

Untuk selanjutnya, kata Eko, pihaknya akan menyerahkan hasil tangkapan itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim.

(iwd/bdh)

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

SEMOGA KABAR TERBAIK SELALU