Wednesday, July 4, 2012

Mati rasa, Kesemutan, Waspadai.........

Mati rasa, Kesemutan, Waspadai Gejala Gangguan Saraf

Rois Jajeli - detikSurabaya



Surabaya - Makin bertambah umur, seseorang cenderung mengalami lebih banyak gangguan saraf. Dari 4 orang yang berusia 40 tahun, 1 diantaranya menderita Neuropati atau gangguan saraf yang disebabkan kurangnya vitamin B1, B6 dan B12.

"Secara umum, neuropati sering kali tidak disadari sebagai penyakit. Tapi dipandang sebagai kondisi yang umum akibat komplikasi dari penyakit lain," ujar Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi) Kota Surabaya, dr Mudjiani Basuki saat jumpa pers mengenai Neuropathy Service Point di 4 rumah sakit di Surabaya, di Hotel JW Marriott, Rabu (4/7/2012).

Semua orang berisiko terkena neuropati terutama seperti, berusia tua, menderita diabetes, hipertensi, mengkonsumsi alkohol, menderita oenyakit pembuluh darah atau jantung, kanker, terpapar bahan kimia.

Gejala-gejala neuropati yang bisa dirasakan seperti nyeri, rasa terbakar di jari-jari kaki, telapak kaki, tungkai, tangan, jari-jari tangan maupun lengan.

Juga baal atau mati rasa, kram, kaku otot, kesemutan, kehilangan kontrol kandung kencing, kulit hipersensitif, kulit mengkilap, kelemahan anggota gerak, rambut rontok pada area tertentu serta otot mengecil (atrofi otot).

Neuropati pada umumnya dialami sekitar 26 persen atau 1 dari 4 orang berusia di atas 40 tahun. Sedangkan pada penderita diabetes, angka prevalensi meningkat menjadi 50 persen atau 1 dari 2 penderita. Neuropati juga dapat menyerang mereka yang mengalami defisiensi
vitamin B1, B6 dan B12.

"Jika dibiarkan, kondisi neuropati dapat menganggu mobilitas penderitanya," tuturnya.

Untuk pasien diabates, resiko terjadinya neuropati semakin bertambah besar, sejalan dengan bertambahnya usia dan lama penyakit diabetes yang diderita.

"Neuropati karena usia, apabila tidak diterapi dengan benar, juga dapat menjadi berat sehingga berpotensi menimbulkan komplikasi-komplikasi lain," jelasnya.

(roi/fat)

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

SEMOGA KABAR TERBAIK SELALU