Wednesday, July 4, 2012

Usia Remaja bisa Juga Rentan Kena Stroke

Usia Remaja Juga Rentan Kena Stroke

Norma Anggara - detikSurabaya.

Surabaya - Jangan pernah remehkan gejala stroke. Sebab, penyebab kematian pertama setelah penyakit infeksi dan cacat tubuh ini bahkan juga berpotensi menyerang remaja usia 21 tahun.

Seperti kasus yang pernah ditanganiIsti Suharjanti dr SpS (K) di RS Husada Utama. Dia pernah berhadapan dengan laki-laki pecandu narkoba usia 21 tahun yang terserang stroke.

"Kalau dulu, umumnya stroke menyerang manusia di usia 30-an tahun. Tapi sekarang bisa lebih jahat, remaja 21 tahun pun berpotensi terserang penyakit ini," kata Isti Suharjanti dr SpS (K) saat ditemui di peresmian 'Stroke Unit RS Husada Utama' lantai 11, Kamis (10/5/2012).

Saat itu, lanjut perempuan yang menjabat sebagai dokter spesialis saraf, si pecandu narkoba jenis ekstasi mengalami pendarahan hebat di otak. Konsumsi ekstasi diduga ampuh merusak pembuluh darah sehingga menjadi pecah.

"Yang mengerikan, pecandu narkoba juga berpotensi mengalami stroke akibat pendarahan," tuturnya.

Selain itu, penyakit seperti hipertensi, diabet, dan kolesterol biasanya juga memicu timbulnya stroke. Apalagi ditambah dengan obesitas dan kurangnya olahraga.

"Obesitas atau kegemukan karena kurang gerak tubuh dan olahraga juga bisa memicu stroke," tuturnya.

Maka, perempuan yang juga menjabat sebagai Koordinator Stroke Unit RS Husada Utama ini ingin masyarakat lebih sadar dan waspada dengan gejala stroke dini.

(nrm/bdh)

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

SEMOGA KABAR TERBAIK SELALU